Optimasi Penayangan Google Ads Agar Iklan Efektif & Hemat

Digital marketing saat ini memberikan banyak pilihan platform promosi. Namun pasang iklan di Google masih menjadi yang paling diminati ..…
Promosi dengan pasang iklan di Google merupakan salah satu pilihan wajib bagi digital marketer, terlepas tetap digunakannya platform lain seperti Facebook ads, Instagram hingga TikTok Ads. Selain alasan jangkauan pengguna Google yang nyaris digunakan oleh setiap pengakses internet, Google Ads juga menyuguhkan teknologi iklan dengan pelaporan sangat lengkap.

Seperti kita ketahui bersama bahwa era pemasaran modern seperti saat ini, data merupakan aset digital yang sangat penting untuk menentukan arah strategi sebuah bisnis. Mulai dari kelas UMKM hingga skala korporasi. Data merupakan sebuah keniscayaan dalam bisnis.

Namun dari kecanggihan platform Google Ads tersebut menyisakan sebuah 'kendala' bagi advertiser, yakni biaya bid iklan yang relatif mahal. Terlebih dengan iklim kompetisi padat seperti saat ini, biaya iklan menjadi relatif lebih mahal. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi, kecerdasan hingga kesabaran agar iklan yang dijalankan profitable.

Selain optimasi biaya per-klik, saat ini kita akan membahas optimasi iklan Google Ads dari sisi scheduling atau penjadwalan penayangan iklan. Baik iklan yang ditujukan untuk mendatangkan trafik pada website bisnis yang telah anda buat, maupun iklan dengan objetif lainnya seperti phone-call dan lainnya.

Daftar Isi:
#1 Analisa Jadwal Waktu Iklan
#2 Optimasi Waktu Penayangan
#3 Tools Optimasi Google Ads

Mari kita mulai dengan step atau langkah pertama ...

Analisa Jadwal Waktu Terbaik Iklan Di Google Ads

Pada fase ini, tentunya kita membutuhkan waktu dan data awal dari iklan yang telah berjalan. Namun meski masih 'buta data' namun pastikan seorang advertiser berangkat dari data awal seperti membuat custom audiens yang bisa berasal dari viewer channel youtube maupun pengunjung konten marketing blog serta set-up conversion tracking dengan tepat.

Contoh data konversi iklan Google Ads berdasar waktu tayang dari salah satu kampanye kami yang sedang running,


Pilih kampanye dengan status aktif, lalu pilih menu jadwal, hari dan jam pada menu sebelah kiri.

Jika anda memiliki akun SEM Tools dari PromoNavi, maka data akan lebih mudah dibaca pada penyajian datastudio

1. Login akun, lalu pilih menu PPC Reporting (View: SEM Tools)



2. Klik tombol OPEN pada report link tab (View: SEM Tools)


Maka akan muncul halaman Google Datastudio pelaporan lengkap performa iklan, pilih menu hari dan jam. Maka advertiser akan dengan jelas mengetahui kapan waktu terbaik dengan tingkat persentase konversi iklan terbaik berbasis waktu penayangan.

Langkah kedua ...

Optimasi Iklan Google Ads Agar Lebih Efektif & Efisien Berdasarkan Jadwal Waktu Tayang

Setelah kita mengetahui performa iklan pada tahap pertama, maka berikutnya yang bisa dilakukan antara lain:

1. Setting jadwal penayangan Iklan Google Ads


Edit (klik tombol pensil) pada tab jadwal pada menu sebelah kiri dashboard Google Ads. Pastikan hanya mengaktifkan iklan pada waktu-waktu yang pada data sebelumnya menunjukkan performa paling baik. Conversion ratio paling baik.

Begitupula untuk mendisable atau menonaktifkan iklan pada waktu-waktu dimana iklan mengalami conversion paling rendah atau 0 (nol).

2. Penyesuaian Bid Iklan Google Ads


Selain menentukan ulang waktu tayang, advertiser juga bisa melakukan penyesuaian bid biaya iklan per-klik atau per-konversi. Misal, untuk waktu tayang dengan performa lebih baik bisa meningkatkan persentase bid iklan dari yang telah ditentukan sebelumnya pada setting kampanye.

Sebaliknya, advertiser juga dapat mengurangi persentase biaya bid untuk waktu tayang yang kurang potensial, CTR rendah terlebih conversion rate rendah pula.

3. Peka terhadap momentum

Seorang advertiser juga harus responsif terhadap momen event yang terjadi pada 'range' waktu tertentu. Misal dalam waktu sebulan terdapat hari libur terkait momen tertentu. Hal ini sangat mungkin akan mempengaruhi performa iklan secara keseluruhan. Btw, pastikan saldo iklan Google Ads selalu terisi agar iklan tidak terjeda.

Simak SEM Tools berikut ini ...

Search Engine Marketing Tools Untuk Optimasi Iklan Google Ads


GRATIS akses 30 hari SEM Tools:
https://letsgrow.id/akses/pn

Apa manfaat tools ini dalam optimasi iklan Google Ads?, Banyak 🤩

Salah satunya seperti pada video, advertiser dapat melakukan analisis kompetitor yang sedang running iklan untuk kata kunci atau keyword produk yang sama. Mengintip strategi budgeting, manajemen kata kunci, pelaporan yang disajikan secara apik via Google data studio dan masih banyak lagi.

Senyampang bisa akses gratis selama 30 hari, silahkan dicoba untuk manajemen kampanye iklan Google Ads anda. Semoga bermanfaat 😊