Cara Membuat Website Dengan Nama Sendiri & Hosting Gratis

Membuat website - blog atau website dengan nama sendiri sangat berpengaruh positif untuk branding bisnis ataupun kredibilitas personal…
Bagaimana cara membuat website dengan nama sendiri?, pertanyaan seperti itu kerapkali muncul pada benak para pengguna internet ketika kita menjumpai website atau personal blog dengan menggunakan nama seseorang, misalnya WebsiteNamaAndaSendiri.Com.

Bagi anda yang tidak familiar dengan dunia pemrograman web dan koding, jangankan membuat, mendengar pertanyaannya saja langsung terbayang betapa sulitnya membuat website tersebut.

Bisa jadi membuat website memang sulit jika harus menggunakan CMS (Content Management System) sendiri seperti portal besar, misalnya bukalapak.com, blibli.com dan sebagainya.

Namun untuk kebutuhan personal blog dan untuk mengawali bisnis skala kecil, salah satunya dengan 'make money online' dengan blogging, menggunakan CMS gratis blogspot dan wordpress insyaAllah sudah lebih dari cukup. Jikapun pada suatu saat hendak beralih pada wordpress self-host bisa dengan mudah dilakukan migrasi.

Baca Juga:
~ Cara Pembayaran Iklan Google Ads Tanpa Kartu Kredit
~ Cara Optimasi Agar Pasang Iklan Lebih Efektif dan Hemat

Nah, sesuai dengan judul posting yang menyebut membuat website dengan hosting gratis, maka disini akan dibahas cara membuat website dengan nama sendiri menggunakan platform blogspot. Dimana platform ini sangat friendly bagi pemula.

Oke, langsung aja ...

Cara membuat website dengan nama sendiri

Langkah 1.

Harus memiliki akun google atau gmail, jika belum memiliki silahkan membuat terlebih dahulu.

Langkah 2.

Sign-In atau masuk ke dashboard Blogger. Lalu pilih menu buat blog baru.

Langkah 3.

Pilih Tab menu Setelan yang ada disamping kiri dashboard blogger

Langkah 4.

Pilih Sub menu Dasar atau Basic (jika dashboard anda menggunakan pilihan bahasa english)

Langkah 5.

Pada item publikasi, pilih link "siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda", lalu masukkan nama URL yang anda inginkan. Klik, tombol simpan.

Langkah 6.

Anda akan mendapati 'error' setelah menekan tombol simpan. Lalu, simpan 2 baris kode yang muncul untuk kemudian diisikan pada layanan tempat anda membeli atau menyewa domain.

Langkah 7.

Sementara tinggalkan dashboard blogger. Mulailah proses pembelian nama domain WebsiteTokoBisnisAnda.Com pada penyedia layanan domain dan hosting. Banyak sekali provider penyedia domain dan hosting, baik lokal dalam negeri maupun luar.

Anda bisa memilih sesuai kebutuhan, apakah .Com, .Net, .Org dan lain-lain. Namun untuk domain Indonesia (Co.Id, dll.) diminta untuk menyetorkan identitas seperti KTP dan data terkait.

Jika anda kesulitan dalam melakukan order domain atau tidak memiliki cukup waktu. Maka, jangan segan untuk hubungi kami!.

Langkah 8.

Pilih nama domain sesuai yang anda inginkan. Ikuti petunjuk pembelian dan pembayaran hingga proses konfirmasi selesai dan domain anda dinyatakan siap untuk dipakai.

Langkah 9.

Jika anda telah mendapat notifikasi bahwa proses pembelian domain telah selesai dan dinyatakan aktif, maka silahkan sign-in pada dashboard provider penyedia domain tersebut.

Langkah 10.

Masukkan dua baris kode yang disimpan pada langkah ke-6, pada menu pengaturan DNS dan pilih kolom CNAME yang telah disediakan oleh perusahaan penyedia domain.

Langkah 11.

Kembali Sign-In pada dashboard blogger, ulangi langkah ke-5. Jika berhasil, checklist atau centang kolom kecil 'pengalihan domain pada www' yang tersedia dibawah kolom URL nama domain.

Langkah 12.

Selesai. Domain anda telah siap digunakan dengan menggunakan "NamaBisnisAnda.com".

Langkah 13.

Selanjutnya silahkan lakukan pengaturan yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja website atau blog dengan upload template SEO friendly dan responsive, sinkronisasi dengan media sosial dan berbagai pengaturan lain yang dibutuhkan.

Mudah bukan?,

Ternyata cara membuat website dengan nama sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya butuh 'sedikit keberanian' untuk mencoba dan mengikuti langkah-langkah yang telah banyak tersedia di internet.

Wait, tunggu dulu! Mau belajar bikin website bisnis profesional?, unduh gratis ebook di bawah ini ...

Roadmap cara membuat website sendiri untuk bisnis, company profile & toko online

Silakan unduh ebooknya, lalu ikuti langkah-langkah roadmap yang disampaikan secara mudah, bahkan pemula sekalipun bisa memahami alur berpikir dalam ebook tersebut.

Selamat mencoba :)