Cara Custom Audience Buat Iklan Di Google, Menautkan Dengan YouTube

Salah satu kelebihan kenapa harus pasang dan buat iklan di Google Ads adalah integrasi data yang dapat dilakukan dengan layanan lainnya…
Pasang atau buat iklan di Google Ads (dulu Adwords) bukan sekedar mendapatkan sales atau lead dari penayangan iklan pencarian, display, video maupun dari aplikasi android.

Daftar Isi:
  1. Custom Audiens Viewer Youtube
  2. Cara Optimasi Video YouTube
  3. Tool Analisa Iklan Google Ads
Akan tetapi lebih dari itu, yakni boleh disebut sebagai data mining atau tambang data. Dimana data ini merupakan aset yang sangat berharga untuk keberlangsungan suatu bisnis tertentu.

Kali ini kita akan membicarakanan penautan YouTube channel dengan akun Google Ads.

Baca artikel sebelumnya,
Bayar iklan Google Ads tanpa kartu kredit

Apa manfaatnya?, banyak sekali terkait dengan insight dan analisa target market yang dibidik.

Namun secara teknis, penautaan YouTube channel dengan akun Google ads dapat digunakan sebagai sarana untuk membangun custom audiens. Dimana list audiens ini dapat dilakukan remarketing berdasarkan data aktivitas kunjungannya atas YouTube channel yang dimaksud.

Penggunaan custom audiens semacam ini harapannya memperbesar konversi dari iklan yang dibuat atau dipasang di Google Ads. Seorang advertiser dapat melakukan penargetan ulang berdasarkan engagement (interaksi) yang dilakukan oleh target audiens terhadap suatu konten video YouTube.

Setidaknya, custom audience saat buat iklan di Google ini bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan kesuksesan dalam menjangkau target market lebih baik dan efektif dengan budget yang lebih efisien.

Custom Audience Google Ads Berasal Dari YouTube Channel

1. Buka dashboard YouTube klik menu Channel (dashboard klasik)

2. Pilih menu advance


3. Klik tombol link an Adwords account. Akan dibawa pada halaman Google Ads

4. Klik Accept atau Ijinkan link account pada halaman dashboard Google Ads

5. Klik menu Tools & Setting gambar kunci pas

6. Pilih menu Shared Library, lalu Custom audience


7. Selanjutnya, buat list custom audience yang dipersiapkan untuk target iklan


List target audience untuk pasang iklan di Google yang bersumber dari YouTube channel kita dapat disesuaikan dengan strategi yang kita terapkan.

Total ada 9 pilihan penargetan yang dapat kita terapkan berasal dari engagement penonton video YouTube. Antara lain, menonton video apa saja dari channel tersebut, menonton video tertentu, menonton video sebagai iklan yang ditayangkan dari Channel, termasuk subscriber, atau bahkan sekedar mengunjungi channel tersebut.

Serta engagement lebih khusus seperti menyukai video tertentu, menambahkan video ke dalam playlist atau yang telah membagikan video tertentu dari sebuah YouTube channel.

Menarik bukan 'permainan' remarketing dan retargeting Google ads dengan custom audience yang berasar dari YouTube channel ini.

Seorang marketer bisa secara fokus membangun YouTube Channel dengan secara rutin upload video menarik, bersifat informatif, entertaint ataupun dalam bentuk product knowledge dari bisnis yang sedang dijalankan.

Ebook Panduan Optimasi YouTube Marketing

Setelah anda paham cara menautkan youtube channel dengan akun google ads. Maka tugas berikutnya adalah membangun youtube channel yang teroptimasi sehingga mampu menarik banyak viewer (penonton) dan subscriber.


Gratis unduh panduan optimasi channel YouTube, kunjungi halaman:
https://letsgrow.id/e/optimasi-youtube

Ratusan orang telah mengunduh ebook sederhana di atas. Simple namun cukup membuka wawasan untuk mengoptimalkan YouTube sebagai kanal pemasaran.

Simak video SEM Tools berikut ini ...

Tools Analisa Kompetitor & Performa Kampanye Iklan Google Ads

Tools berikut ini cukup powerful untuk menganalisa kompetitor, performa serta integrasi laporan iklan dalam bentuk pdf yang dikirim langsung via email maupun penyajian grafis yang apik melalui google data studio.


Coba gratis akses tools:
https://letsgrow.id/akses/pn

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola pasang iklan di Google, letsgrow.ID siap membantu merencanakan pemasangan kampanye iklan Google Ads untuk bisnis anda.

Layanan termasuk, riset keyword dan market, setting iklan, optimalisasi bidding dan budget, monitoring harian dan reporting (pelaporan) bulanan. Hubungi kami untuk mendapatkan quote tentang aktivitas digital marketing bisnis anda. Terimakasih :)