BEGINI Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Terbaru lewat KAI Access

Traveling semakin mudah dan nyaman. Memilih cara pesan tiket kereta api online lewat HP via aplikasi KAI Access karena tanpa biaya admin ...
Sebagaimana kita pahami bersama, moda transportasi kereta api adalah salah satu simbol negara maju. Diakui, bepergian travelling jarak jauh antar kota dan antar propinsi lebih nyaman menggunakan kereta api. Di Indonesia, kualitas pelayanan kendaraan publik yang satu ini kian hari semakin baik. Termasuk dalam hal manajemen pemesanan (booking) dan pembayaran tiket yang terintegrasi dengan berbagai layanan secara online.

Saat ini banyak sekali tersedia aplikasi android dan iphone untuk booking tiket termasuk untuk kereta api. Namun bagi pecinta moda transportasi dengan lokomotif ini, secara pribadi kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi resmi yakni KAI Access.

Menggunakan aplikasi pesan tiket resmi KAI Access karena memiliki banyak kelebihan. Selain merupakan apk resmi yang dirilis oleh PT KAI, apk ini menyediakan banyak fitur yang memudahkan kostumer untuk terintegrasi dengan layanan PT KAI lainnya. Dan pastinya, tanpa biaya tambahan, seperti pembayaran tagihan kartu pascabayar. Kustomer cukup membayar tagihan sesuai tarif tiket. Pembayarannya pun hingga saat ini tanpa biaya admin.

Asyik kan pakai KAI Access?,

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Lewat HP

Berikut tata cara pesan tiket kereta api online lewat hp via KAI access,

1. Pastikan aplikasi KAI Access telah terinstal di HP Android
Jika belum, sila segera download dan instal. Klik disini


Jika telah terpasang, buka aplikasi. Lalu pilih salah satu dari 4 menu utama.
Intercity train untuk kereta api jarak menengah dan jauh.
Local train untuk kereka lokal jarak pendek.
Airport Train untuk raillink kereta api dari dan tujuan bandara.
Dan, Food on Train untuk menu layanan makanan bagi yang telah memiliki kode booking.

2. Pilih Tujuan dan Tanggal pemberangkatan.
Kelas kereta untuk sementara dapat dibiarkan default untuk memilih ketersediaan kereta pada tanggal tertentu dengan tujuan yang telah ditentukan. Jumlah penumpang maksimal 4 orang dewasa untuk sekali pemesanan.


3. Pastikan tanggal dan nama kereta yang masih tersedia kursi booking
Pilihan kereta api yang sudah tidak dapat dipilih dikarenakan jumlah kursi telah penuh atau menjelang beberapa menit (+/-30menit) menjelang pemberangkatan.


Jika tidak dapat dipilih karena menjelang pemberangkatan, maka pembelian tiket hanya dapat dilakukan di loket tiket stasiun.


4. Konfirmasikan pesanan tiket kereta api sesuai kelas, tanggal dan waktu pemberangkatan serta jumlah penumpang. Centak box persetujuan layanan di kiri bawah. Lalu tekan tombol lanjutkan di bagian paling bawah.


5. Masukkan data penumpang sesuai dengan data diri (KTP/SIM/Paspor/lainnya)


6. Tinjau ulang rincian pemesanan serta data pemesan.
Pada tahapan ini tersedia waktu 5 menit sebelum booking pesan tiket kereta api online ini dinyatakan hangus.
Tap pilihan booking kursi dengan warna block oranye untuk pindah ke gerbong dan bangku lainnya.


7. Pilih kursi sesuai keinginan, kotak putih artinya masih bisa dipilih.
Tap beberapa saat untuk pindah kursi (warna biru)


8. Simpan dan lanjutkan tahapan untuk memilih tipe pembayaran pesan tiket
Tersedia beberapa pilihan pembayaran yang cukup memudahkan, LinkAja, ATM / Internet banking / Mobile banking, Indomaret atau Alfamart dan payment point.


9. Pembayaran pesan tiket kereta api lewat ATM maupun internet banking hingga tulisan ini dibuat tidak ada biaya tambahan. Tanpa biaya admin dan biaya lainnya. Bahkan biaya transaksipun tidak ada. Jadi kostumer cukup membayar seharga tagihan jumlah nominal tiket yang telah dipesan.


10. Salin kode pembayaran lalu lakukan pembayaran tiket kereta api online menggunakan metode yang telah dipilih.
Harap diingat, bahwa kode pemesanan tiket lewat KAI Access ini hanya berlaku selama 60 menit atau 1 jam. Lebih dari waktu tersebut, maka kode akan expired. Hangus. Maka harus melakukan pemesanan ulang jika telah melewati waktu yang telah ditentukan.


Keuntungan lainnya dengan menggunakan aplikasi KAI Access ini antara lain adanya fitur E-boarding dan layanan ubah jadwal dan pembatalan pemesanan tiket kereta api.


Sedangkan saran untuk perbaikan adalah untuk pemesanan tiket kereta api lokal atau jarak pendek tidak terdapat fitur untuk pilih kursi atau pindah tempat. Jadi kendalanya, jika pemesanan lebih dari satu, terdapat kemungkinan pisah gerbong atau terpisah tempat duduk terlampau jauh.

Akan tetapi jika pemesanan dilakukan pada loket di stasiun secara langsung masih memungkinkan untuk minta dipilihkan tempat duduk yang berdekatan kepada petugas loket.


Mudah ya?, yuk pesan tiket kereta api lewat hp via KAI Access.
Selamat travelling, selamat mencoba :)

Tinggalkan Komentar Anda: