Home / peluang usaha / Gratis Praktis, Begini Cara Mendapatkan Uang Dari Bukalapak

Gratis Praktis, Begini Cara Mendapatkan Uang Dari Bukalapak

Mendapatkan Uang Dari Bukalapak. Image: Capture web Bukalapak 
Peluang usaha di internet kini kian beragam dan menarik. Seperti cara mendapatkan uang dari Bukalapak termasuk unik. Kombinasi antara offline dan online. Citarasa khas Indonesia banget.

Beberapa tahun yang lalu, menghasilkan uang lewat internet hanya itu-itu saja. Jika tidak sebagai publisher, ya bantu jual produk orang lain dengan affiliate marketing dan online service. Saat ini pertumbuhan dan perkembangan e-commerce di Indonesia meningkat drastis. Baik dari segi produk yang dijual maupun pola pemasaran dan transaksinya.

Kita patut bangga karena di dalam negeri hadir marketplace keren hasil sentuhan anak bangsa, seperti Tokopedia dan Bukalapak. Belum lagi marketplace impor tapi juga menyerap banyak tenaga ahli dari Indonesia. Kesempatan kali ini, mari kita bicarakan cara mendapatkan uang dari Bukalapak saja. Lain kali, kita bicarakan juga Tokopedia.

Cara Mendapatkan Uang Dari BukaLapak

Sekilas tentang Bukalapak. Perusahaan yang diluncurkan sejak 2010 dengan dikomandani oleh Achmad Zaky ini boleh dibilang sebagai pasar online (e-commerce), dengan seperti itu maka didalamnya terdapat banyak pihak-pihak yang berkepentingan untuk menjalankan usaha. Sama halnya seperti pasar konvensional secara offline, di dalam pasar muncul berbagai peluang bisnis meski pada dasarnya adalah suatu tempat untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli.

#. Jualan online dengan membuka Lapak

Cara mendapatkan penghasilan dengan menjual produk di marketplace semua orang sudah pada paham. Punya produk (sendiri atau orang lain sebagai dropshipper) lalu promosikan dengan membangun toko (lapak, istilah di BukaLapak.Com). Bangun kredibilitas online sebagai penjual terpercaya lalu datangkan traffik pengunjung. Itu saja.

Prinsipnya, menjual barang secara online hampir sama dengan menjual barang secara offline. Sebagai penjual atau pelapak harus menjadikan pembeli sebagai 'raja'. Produk yang ditawarkan harus berkualitas disertai dengan service atau pelayanan yang prima.

Dengan membuka Lapak di BukaLapak.Com sangat membantu bagi pebisnis pemula. Karena secara tidak langsung pelapak 'dipaksa' untuk mengikuti sistem yang sudah terbangun di BukaLapak. Sehingga jika dijalankan dengan sungguh-sungguh insyaAllah cukup membantu mengembangkan bisnis yang sedang dirintis. Membuka lapak di BukaLapak adalah cara paling mudah menjual barang online di internet.

Bahkan bisa disebut sebagai bisnis tanpa modal, jika kita membantu menjualkan produk orang lain (tetangga/saudara/teman) dengan mengambil selisih keuntungan secara wajar dengan memperhatikan harga pasaran produk tersebut. Belum memiliki lapak? daftar sekarang juga melalui link URL berikut,

https://www.bukalapak.com/register

Setelah mendaftar dan konfirmasi, seorang pelapak (sebutan bagi penjual di BukaLapak) bisa langsung menjual barang dengan upload gambar-gambar produk yang akan dijual. Diusahakan gambar yang diupload lebih dari 1 agar lebih menarik bagi calon pembeli. Dan pastikan gambar yang diupload adalah gambar yang baik meski di-capture menggunakan kamera smartphone biasa.

Pastikan deskripsi dan detail produk terisi jelas dan lengkap. Hal ini berfungsi membantu produk tersebut muncul di halaman pencarian jika terdapat pengunjung yang sedang mencari produk tersebut. Kedua, juga memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada calon pembeli selengkap-lengkapnya agar tidak terjadi komplain ketika barang sudah sampai. Hal ini berpengaruh pada reputasi pelapak itu sendiri.

#. Mendapatkan uang sebagai Agen BukaLapak

Peluang usaha yang kedua ini menarik untuk dibicarakan, yakni mendapatkan uang sebagai agen BukaLapak. Seorang agen dapat bekerja secara offline maupun mempromosikannya melalui media sosial di internet. Inilah sisi menariknya yang perlu dicoba bagi yang menginginkan penghasilan tambahan melalui bisnis sampingan sebagai agen.

Bisnis sampingan sebagai agen BukaLapak. Image property: BukaLapak.Com
Cara menjadi agen BukaLapak,

1. Buka halaman pendaftaran klik URL link berikut,

>  https://www.bukalapak.com/daftar_agen

2. Pendaftaran bisa menggunakan email, akun Facebook atau Google

3. Masukkan nomor HP dan pastikan konfirmasi kode yang dikirim via SMS

4. Setelah berhasil pada halaman dashboard, maka perlu verifikasi data agen

>  https://www.bukalapak.com/verifikasi_agen

5. Verifikasi membutuhkan data diri (KTP/SIM/Paspor) dan foto diri

6. Berbagai pertanyaan, BukaLapak telah menyediakan halaman FAQ

>  http://bl.id/bantuan

7. Mulailah gerilya bisnis menggunakan 'toolskit' yang disediakan BukaLapak

Konsep bisnis agen BukaLapak ini pada dasarnya mirip dengan dropship, akan tetapi lebih menyasar pasar atau target market offline. Jadi bagi seorang pengusaha atau pedagang pemilik warung, kios maupun toko kelontong sangat cocok menjalankan bisnis agen BukaLapak ini.

Bisa jadi, jika pemasaran 'word of mouth' (dari mulut ke mulut) berjalan optimal, bukan tidak mungkin pendapatan agen juga terbilang besar. Karena jamak diketahui, kekuatan bisnis offline berada pada 'katanya katanya', jika di dunia online hal ini disebut testimoni. Pedagang offline jika mampu mengkapitalisasi pola marketing tradisional semacam itu, maka bisa dipastikan kustomer akan datang membanjiri.

Terlebih, peluang usaha agen BukaLapak ini semakin prospek karena tidak hanya menawarkan produk fisik dari berbagai kategori namun juga produk ticketing dan voucher. Selain barang, agen BukaLapak bisa menjual produk yang bersifat rutin, seperti token listrik PLN, tagihan listrik pascabayar, pembayaran BPJS kesehatan, bayar tagihan PDAM, pulsa dan paket data internet, serta kebutuhan lain yang juga tumbuh pesat seperti voucher game, tiket kereta dan tiket pesawat.

Bahkan untuk pembelian emas via BukaEmas pun bisa. Dan seorang agen mendapatkan komisi sebesar 1% jika berhasil mendapatkan kustomer pembelian emas via BukaEmas ini. Menarik bukan? bagi anda pemilik warung/kios atau toko kelontong yang ingin mendapatkan uang sebagai penghasilan tambahan, wajib ikut program keagenan ini.


#. Penghasilan dari Affiliate BukaLapak

Cara mendapatkan uang dari internet yang paling umum dijalankan oleh banyak netrepreneur adalah sebagai affiliate marketer. Affiliate e-commerce internasional yang paling tenar adalah Amazon Associates. Di dalam negeri saat ini ada peluang mendapatkan penghasilan sebagai affiliate BukaLapak.

Yakni, ketika terdapat sales atau penjualan valid (bukan fraud atau kecurangan) yang berasal dari link affiliasi, maka seorang affiliate marketer berhak mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sistem bisnis semacam ini cocok bagi pebisnis yang berorientasi pada pendapatan pasif.

Cara pendaftaran affiliate BukaLapak, kunjungi link:

> https://www.bukalapak.com/affiliate/signup

Isi data diri anda secara lengkap pada halaman pendaftaran, termasuk alamat website, blog, medsos ataupun youtube channel yang akan digunakan sebagai media promosi link.

Perlu diketahui, program affiliate BukaLapak ini tidak secara otomatis dapat diikuti oleh semua orang. Melainkan masih membutuhkan review persetujuan pihak BukaLapak. Jadi, setelah pendaftaran maka status affiliate masih "pending" hingga mendapatkan email konfirmasi.

Affiliate marketing merupakan tehnik menghasilkan pendapatan pasif. Maksudnya, bukan pendapatan tanpa perjuangan. Bahkan justru untuk menjadi seorang affiliate marketer sukses membutuhkan usaha sungguh-sungguh. Butuh kesungguhan untuk membangun basis pembaca blog, follower medsos ataupun subscriber youtube.

Penghasilan youtuber tidak hanya sebagai publisher. Bisa juga dengan membagikan link affiliasi pada kolom deskripsi video yang diupload. Jadi, bisnis affiliate ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari youtube secara tidak langsung bahkan hanya dengan android sekalipun. Terpenting adalah mulailah "action" sekarang juga, buat konten kreatif (tidak harus modal besar) dan bermanfaat untuk subscriber.

Karakter konten web/blog, video viral dan disukai banyak pembaca, follower atau subscriber adalah yang memenuhi 3 syarat, antara lain pertama, informasi (hindari HOAX), kedua, entertain (menghibur), dan ketiga, memecahkan masalah (problem solving) atau solusi/tips/trik.

Jika pada akhirnya seorang affiliate mendapatkan uang secara pasif sebagai komisi penjualan pengunjung yang datang dari link affiliasi yang dibagikan. Maka hal itu adalah hasil dari suatu upaya perjuangan panjang, strategi dan taktik 'content marketing' yang sistematis, terukur dan dapat dianalisis.

Kesuksesan adalah buah dari kesungguhan. Selamat mencoba :)
Advertisements
Home / peluang usaha / Gratis Praktis, Begini Cara Mendapatkan Uang Dari Bukalapak