Website Sudah AMP atau Belum?, Begini Cara Cek Validasinya!

Salah satu cara optimasi pagespeed website agar loading makin cepat adalah setup AMP. Bagaimana cara validasi web accelerated mobile page…

Masyarakat modern seperti saat ini sangat terobsesi dengan kecepatan. Termasuk dalam hal interaksi di internet, netizen mulai menjauhi website dengan loading lemot. Halaman dengan pagespeed cepat atau 'ngebut' lebih mendapatkan tempat dihati para pengunjungnya.

Merespon hal tersebut, Google meluncurkan sebuah project untuk menciptakan ekosistem website yang lebih berorientasi pada pengguna, supercepat dan tetap mudah untuk monetisasi.

Testimoni dari beberapa website besar, Web AMP (Accelerated Mobile Pages) menunjukkan indikasi positif untuk perkembangan halaman web-nya.

6X Traffic Website meningkat dialamai oleh web IndiaToday
23% Returning Mobile User dirasakan oleh WashingtonPost
3X Loading halaman lebih cepat pada web GIZMODO

Jika blog dan website yang anda buat belum menggunakan mode AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk melayani user atau pembaca berasal dari mobile device (smartphone dan sejenisnya), maka anda harus mulai setup sekarang juga!

Panduan dan tutorial website AMP bisa dipelajari di sini

Lantas, bagaimana cara membuktikan jika website yang kita buat telah valid AMP?,
Begini caranya ...

AMP Validator Tools

Terdapat beberapa tehnik untuk memvalidasi apakah halaman website yang kita buat telah valid atau belum.

1. Validator AMP Project


Akses tools:
https://validator.ampproject.org

Validasi pada halaman ini akan akan mendapatkan sebuah warning jika terdapat kode yang tidak kompatible dengan AMP. Hal ini tentu sangat memudahkan seorang webmaster. Ikuti saja satu-persatu saran perbaikan yang muncul hingga muncul status "PASS" warna hijau yang artinya halaman website atau blog tersebut telah valid AMPHTML.

2. Google Search Result Page



Karena AMP juga merupakan bagian dari project yang diinisiasi oleh Google, maka untuk test validasi halaman AMP bisa langsung pada Google SERP denganan mengetikkan kata kunci AMP Validator. Selanjutnya, akan teredirect ke halaman validasi yang juga menunjukkan detai kode sumber HTML dari halaman tersebut.
3. Accelerated Mobile Pages Validator


Akses tools:
https://search.google.com/test/amp

Jika anda telah mencoba cara validasi ke-2 seperti di atas, maka halaman akan ter-redirect ke halaman ini. Seorang webmaster atau pengelola web dapat mengevaluasi 'source kode' yang menyebabkan halaman websitenya tidak valid AMP. Namun jika valid, makan akan nampak seperti gambar tangkap layar di atas, muncul logo warna hijau dan notifikasi bahwa halaman web tersebut valid AMP.

Masih belum paham dengan AMP Project?
Simak Video berikut ...

Website AMP HTML Tutorial


Semoga bermanfaat, loading website makin cepat !