Cara Agar Penghasilan Adsense Halal, Blokir Iklan Negatif

Bagaimana cara agar penghasilan adsense yang didapatkan menjadi halal berkah dengan memblokir iklan konten negatif, ex. pinjaman online…
Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling familiar adalah dengan menjadi publisher adsense disamping program afiliasi. Sebagai penayang iklan, baik melalui blog dan website maupun video channel youtube, maka akan mendapatkan 'reward' sejumlah nominal sesuai dengan ketentuan. Baik berupa klik ataupun impresi.

Tidak sedikit publisher Indonesia sukses mendapatkan penghasilan adsense dengan nominal cukup tinggi. Pendapatan itu diperoleh tentunya dengan perjuangan yang membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga bahkan biaya yang tidak sedikit. Lalu permasalahan muncul ke permukaan seiring dengan adanya iklan-iklan adsense yang dikhawatirkan merusak keberkahan dari pendapatan yang diperoleh.

Misal, iklan-iklan yang beraroma permainan judi, minuman beralkohol, ajakan-ajakan belajar agama yang bertendensi mengaburkan keyakinan, hingga yang terakhir adalah kontroversi iklan pinjaman online. Boleh jadi, aplikasi-aplikasi tersebut telah mendapat ijin dari lembaga keuangan seperti OJK dan lembaga terkait. Akan tetapi menjadi negatif seiring dengan maraknya berita cara penagihan yang dinilai kurang manusiawi.

Melihat fenomena di atas, maka hal yang paling mungkin untuk dilakukan adalah dengan memblokir iklan-iklan negatif untuk tayang di website, blog atau YouTube channel kita. Dengan cara memblokir secara manual maupun dengan bantuan kontribusi komunitas pengunjung untuk memberikan 'feedback' setelah menemukan materi iklan yang kurang mendidik.

Tips Adsense Halal, Blokir Iklan Negatif

Berikut ini cara langkah-langkah memblokir iklan yang menurut kita kurang baik:

1. Masuk ke dashboard akun google adsense anda.

2. Pilih menu sebelah kiri, Kontrol Pemblokiran


3. Terdapat tiga pilihan pemblokiran, URL, kategori sensitif dan umum.

4. Contoh pemblokiran iklan adsense tiap URL


5. Pemblokiran lebih mudah dengan kategori


Silahkan dipelajari, kategori apa saja yang menurut anda memunculkan materi-materi iklan yang kurang mendidik dan dikhawatirkan dapat merusak keberkahan dari penghasilan yang didapatkan.

Sebagian publisher (termasuk saya) masih berkeyakinan jika penhasilan adsense halal selama kita menjalankannya secara positif. Dengan tidak menulis konten negatif di blog atau website untuk mendatangkan trafik pengunjung. Toh, Google pada dasarnya juga memfilter materi iklan yang kurang baik. Meskipun terkadang masih terdapat perbedaan.

Adsense merupakan metode pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah dan menghasilkan uang halal selain menjadi dropshiper, reseller maupun mempromosikan program afiliasi.