Cara Mengetahui Jumlah Pencarian di Google Dengan Tools Gratis

Bagaimana cara mengetahui jumlah pencarian keyword atau kata kunci di mesin pencari Google menggunakan tools riset keyword gratis? ..…
Google adalah mesin pencarian paling populer hingga kini. Meskipun ada search engine lainnya seperti Bing, Yahoo, DuckDuckGo dan lain sebagainya, jumlah pengguna Google masih dominan terlebih jika menggunakan device mobile android.

Baca juga:
Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Nah, bagi seorang pemasar, penulis, pemilik bisnis serta profesi lainnya yang berhubungan kustomer sangat penting untuk mengetahui data jumlah kata kunci pencarian.

Untuk apa?, untuk mengidentifikasi, apa saja yang paling banyak dicari berdasarkan industri atau market bisnisnya.

Cara Mencari Kata Kunci dengan Tool Riset Keyword Gratis (GKP)

Di internet banyak sekali tools online untuk riset kata kunci, baik gratis maupun berbayar. Namun tools keren yang harus anda pertimbangkan adalah Google Keyword Planner.

Sayangnya, masih ada pebisnis yang menganggap tools milik Google ini premium atau berbayar. Padahal, tools online riset kata kunci Keyword Planner ini dapt diakses secara gratis tanpa harus pasang iklan di Google.

Cara membuat akun Google Ads Gratis,

1. Buka link Ads.Google.com


2. Muncul halaman default tawaran setting kampanye. Pada tahan ini, banyak yang mengira jika untuk mendaftar akun google ads harus melakukan pembayaran iklan terlebih dahulu, padahal hal itu untuk saat ini tidak perlu dilakukan.


3. Klik link, beralih ke mode pakar.


4. Konfirmasikan informasi bisnis. Hal ini terkait dengan negara, zona waktu dan mata uang.


5. Setelah tekan tombol kirim, maka selamat akun Google Ads anda telah aktif.


6. Cari ikon kunci pas. Lalu pilih menu keyword planner.


7. Muncul 2 kolom bisa dipilih salah satu.


8. Masukkan kata kunci yang akan dianalisis. Dapatkan saran kata kunci atau keyword serta turunannya.


9. Variabel disesuaikan dengan materi kata kunci yang dianalisis. Terkait dengan lokasi, bahasa dan jaringan penelusuran.


Jangan lupa, pastikan kata kunci yang telah didapatkan untuk didownload.


Bagi praktisi internet marketing dan berhubungan, seperti penulis konten, pengelola website, hingga praktisi marketing secara umum harus terbiasa familiar dengan tools gratis Google Keyword Planner ini.

Tidak hanya untuk keperluan SEO search Engine Optimization semata, namun dengan mengetahui dan memahami trend pencarian di Google akan mendapatkan tentang potensi pasar dan peluang yang bisa untuk segera dieksekusi.