BEGINI Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Hingga saat ini, tidak sedikit yang menanyakan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal?, Seringkali kita menjumpai oran...
Hingga saat ini, tidak sedikit yang menanyakan bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal?, Seringkali kita menjumpai orang yang pamer pendapatan (earning) dengan jumlah besar. Bagaimana mereka melakukan itu semua?

Kali ini, kita tidak akan berbicara teknis. Mengapa?, teknis memang penting. Akan tetapi mindset jauh lebih penting.

Mindset berkaitan dengan suatu pola. Ketika kita memahami pola sebuah cara mendapatkan penghasilan secara online dengan modal relatif ringan, maka kita bisa meningkatkan usaha itu dikemudian hari dengan 'effort' yang lebih masif lagi.

Adakah usaha tanpa modal?,

Pada dasarnya tidak ada suatu hasil apapun tanpa 'modal'. Minimal, modal yang dikeluarkan memang tidak harus berupa investasi dalam bentuk uang. Akan tetapi, waktu, tenaga, doa, informasi dan networking merupakan sebuah modal yang jauh lebih penting dari sekedar modal berupa uang.

Nah, yang kita bicarakan kali ini adalah apa saja peluang mendapatkan uang dari internet tanpa mengeluarkan modal berupa uang dalam jumlah besar. Modal utama yang dibutuhkan adalah tekad diri (alone determination) dan kegigihan (persistent) untuk mendapatkan hasil.

Mari kita mulai, Ada 2 hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam memulai bisnis di internet, antara lain:

Pertama, Riset.

Apapun model bisnis yang akan kita jalankan, kita harus melakukan riset yang terkait dengan bisnis tersebut. Banyak tools powerful yang bisa digunakan di internet, salah satunya adalah Keyword Planner. Lakukan riset yang berhubungan dengan apa yang akan anda jual, kepada siapa anda akan menjual (segment pasar) dan media apa yang paling tepat untuk digunakan.

Kedua, Media.

Sebagaimana halnya sebuah peperangan, bisnis juga harus memiliki senjata. Nah, senjata tersebut berupa media. Setiap orang memiliki karakter kesukaan atas sebuah senjata. Apakah menggunakan blog gratis, halaman media sosial seperti facebook, twitter, pinterest, youtube, instagram dan lain sebagainya.

Setelah kita memahami sembari terus meng-upgrade pengetahuan tentang 2 hal diatas. Maka, langkah berikutnya adalah kita harus fokus membangun branding dari bisnis itu sendiri. Hal yang terpenting adalah update content. Apapun media yang digunakan, tanpa melakukan update content maka kita tidak bisa menjangkau target customer kita.

Simulasi,

Jika kita memiliki passion bidang otomotif, maka mulailah bangun media blog, website, youtube, instagram dan lain-lain secara fokus membicarakan tentang otomotif. Rajin-rajinlah untuk berbagi informasi kepada target customer anda.

Menjual produk tidak harus setiap hari. Posting produk jualan di media sosial cukup seminggu sekali atau bahkan lebih lama lagi, 2 minggu sekali. Selebihnya, setiap hari kita harus memberikan 'value' atau manfaat untuk target customer kita. Jika menjual produk setiap hari, maka target kustomer akan menjauh. Sebagaimana kita ketahui, tidak nyaman jika harus follow media yang setiap harus menawarkan produk tanpa memberikan manfaat berupa informasi maupun hiburan.

Lantas, darimana mendapatkan produk?

Era internet memudahkan kita menemukan informasi produsen maupun distributor. Kita harus riset kredibilitas produsen atau distributor tersebut. Jika positif, misal di website marketplace seperti BukaLapak dan TokoPedia disediakan rating yang bisa kita cek. Disitulah kita bisa mendapatkan produk dan memperoleh pendapatan dari selisih harga secara wajar yang kita tawarkan pada target kustomer kita.

Ribet, tidak adakah yang otomatis?

Jika pola bisnis yang hendak dilakukan bukan menjual produk, maka salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal adalah dengan fokus membuat konten kreatif berkualitas. Caranya dengan mendaftarkan blog atau website pada program Google Adsense.

Selain itu, sila coba sosiago influencer marketing yang juga menawarkan platform komunikasi antara advertiser dan seorang publisher. Melalui platform marketplace publisher ini, maka seorang konten kreator memungkinkan mendapatkan penghasilan sebagai influencer atas tawaran iklan oleh seorang advertiser.

Jadi, kembali ke atas. Intinya, mulailah untuk riset (panduan riset ada pada link diatas). Lalu, mulailah bangun aset media. Baik yang gratis ataupun yang premium berbayar. Namun pada intinya, seorang yang ingin serius berbisnis di internet mendapatkan penghasilan secara online harus memiliki media yang dikelola secara serius untuk menjangkau target audiens.