Apa Perbedaan Kapasitas dan Kapabilitas?

Perbedaan pengertian kapasitas dan kapabilitas. Pada dasarnya antara kapasitas dan kapabilitas memiliki konteks makna yang hampir sama ..…
Perbedaan kapasitas dan kapabilitas adalah terdapat dalam penggunaannya pada komunikasi sehari-hari kadang menimbulkan kerancuan. Tidak jarang, pengertian yang timbul dari penggunaan kata tersebut menjadi kurang tepat.

Namun kekeliruan tersebut terjadi karena keduanya, antara kapasitas dan kapabilitas memiliki konteks makna yang hampir sama.

Dikarenakan kata kapasitas (capacity) dan kapabilitas (capability) merupakan serapan dari bahasa Inggris, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu arti kata dalam bahasa Inggris sebelum berusaha memaknai arti tersebut.

Pengertian Kapasitas

Menurut Oxford Advanced Leaner's Dictionary (fifth edition, 1995), capacity adalah "the ability to produce, experience, understand or learn something". Sedangkan capability adalah "the ability or power to do something".

Dari arti kata tersebut kita setidaknya mulai mendapat gambaran yang tepat dalam pemakaiannya.

Penggunaan kata kapasitas menjadi mudah dipahami ketika digunakan pada sebuah objek sebagai daya tampung. Misalnya, kendaraan dengan kapasitas tempat duduk sejumlah tertentu.

Namun jika digunakan sebagai penunjukkan atas kapasitas seseorang, lebih mengarah pada daya kemampuan secara mendasar yang dimiliki oleh orang bersangkutan yang berperan sebagai (atau kepemilikan suatu 'experience') dalam bidang tertentu.

Pengertian Kapabilitas

Sedangkan pengertian kapabilitas adalah merupakan bentuk lain dari gabungan antara capacity dan ability (skill) yang menunjukkan tingkat kemampuan (qualities) atau kepandaian seseorang dalam menyelesaikan tugas tertentu. Dalam hal ini, sebagai adjektiva atau kata sifat untuk menjelaskan subjek maka digunakan kata kapabel (dalam Wikipedia).

Ada lagi, cara membedakan lebih sederhana menurut Grammarist yakni, jika kapasitas merupakan suatu bawaan (terlahir). Ability (kemampuan) adalah diperoleh dengan cara dipelajari, sedangkan kapabilitas merupakan bentuk dari 'extremes of ability'. Yakni, kemampuan lebih spesifik dengan tingkat kemahiran yang lebih dari sekedar 'mampu'.

Semoga penjelasan sederhana tentang perbedaan kapasitas dan kapabilitas ini dapat dipahami. Atau, jika anda memiliki sebuah penjelasaan yang lebih mudah dipahami maupun sama sekali tidak sepakat dengan penjelasan diatas, sila tulis di kolom komentar. Atau menghubungi kami dengan klik menu "hubungi". Terimakasih :)

***

Kurasi kumpulan ebook digital marketing ...

Tingkatkan kapasitas dalam bidang digital marketing dan jualan online


Sebaik-baik investasi adalah untuk 'leher ke atas'. Maka, luangkan waktu untuk menimba ilmu seputar digital marketing dari ebook premium pilihan di atas. Bagikan pada kawan, semoga bermanfaat :)