3 Cara Teknologi Mengubah Cara Kita Mempersiapkan Makanan

Teknologi canggih yang diciptakan secara spesifik membuat kita lebih mudah dalam mempersiapkan makanan. Sebagai contoh adalah fenomena r…
Teknologi canggih yang diciptakan secara spesifik membuat kita lebih mudah dalam mempersiapkan makanan. Sebagai contoh adalah fenomena robot memasak yang mampu menyajikan makanan. Mereka yang tadinya harus memasak sendiri, kini dimanjakan karena adanya teknologi ini. Namun tetap saja, sebagian orang lebih suka dan senang memasak makanan di kompor dapur mereka.

Selain robot memasak, ada juga fenomena orang memasak atau memilih resep makanan dari negara lain yang mereka lihat dari berbagai sumber di internet. Dengan kata lain teknologi telah membuat orang-orang dapat memilih ragam menu makanan yang diinginkan.

Kedua hal di atas menggambarkan bagaimana teknologi mengubah kita dalam mempersiapkan makanan. Namun adakah cara lain yang diubah oleh teknologi dalam hal makanan? Berikut akan membahas 3 cara teknologi mengubah cara kita mempersiapkan makanan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Memesan Makanan Secara Online


Salah satu cara teknologi yang paling mengubah cara kita mempersiapkan makanan adalah dengan membuat kita mempersiapkan makanan dengan cara online. Pada jaman dulu, kita rela berdesak-desakan dan mengantri untuk membeli masakan atau bahan makanan yang membuat kita membutuhkan waktu yang lama.

Kehadiran teknologi membuat kita dapat berbelanja dengan lebih mudah secara online. Cukup menggunakan gadget, dan Anda akan mendapatkan bahan makanan dan masakan yang baru tanpa perlu mengantri atau berdesak-desakan. Inilah mengapa teknologi hadir untuk membuat hidup menjadi lebih mudah.

2. Mempermudah Kita Mencari Resep Makanan Sehat


Komputer dan gadget juga telah mempermudah banyak orang dengan mencari resep masakan yang diinginkan. Tersedianya teknologi yang ada dalam genggaman kita telah mengubah tata cara dalam memasak makanan melalui resep masakan sehat yang tersedia di berbagai artikel online dan media sosial

Memasak resep makanan yang sehat telah menciptakan komunitas baru yang telah memperhatikan bahwa pentingnya resep makanan yang sehat, yakni dari komunitas vegetarian atau orang vegan. Mereka meyakini bahwa menghindari makanan seperti daging atau ikan dapat membuat mereka menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan tentunya untuk membuat mereka memperoleh berbagai asupan gizi dan nutrisi yang penting untuk tubuh.

Salah satu pengaruh teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari adalah ketika kita mendapat kan resep makanan sehat, yang dimana akan membuat tubuh Anda tetap bugar.

3. Mampu Mengontrol Makanan yang Dimasak dan Dikonsumsi


Mengontrol makanan yang dimasak adalah salah satu dampak dari teknologi yang mengubah kita dalam mempersiapkan makanan menjadi jauh lebih baik. Penelitian dari Australian Institute of Health and Welfare pada tahun 2017-2018 menunjukan bahwa 1 dari 4 anak mengalami kegemukan yang dapat mengancam kesehatan dan meningkatnya resiko kematian dini di usia dewasa, sehingga dibutuhkan pendidikan kesehatan yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Bukti dari kehadiran teknologi dapat mengontrol makanan dimasak dengan cara lebih baik terlihat dari berbagai hasil teknologi yang telah diciptakan. Contohnya dengan munculnya aplikasi pelacak kesehatan, pendidikan kesehatan di berbagai artikel dan jurnal online, komunitas online, dan didukung oleh peran media sosial. Dengan demikian kita akan mampu mengontrol porsi makanan yang akan kita konsumsi sesuai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain pembatasan makanan dan melek soal nutrisi, kehadiran teknologi akan terasa dengan semakin meningkatnya kesadaran kita dalam mengetahui berbagai makanan yang dapat menjaga kondisi tubuh, seperti makanan yang dapat menjaga kesehatan mental atau makanan untuk menjalankan diet. Teknologi dianggap sebagai sarana dalam membatasi dan mengetahui jenis makanan dan masakan yang layak dikonsumsi.

Kesimpulan Selain ketiga hal di atas, ada beberapa hal yang tidak perlu dilupakan sebagai kekuatan teknologi dalam mengubah kita mempersiapkan makanan, salah satunya dengan munculnya para influencer dan akun kuliner online yang dapat dicari di media sosial.

Lagi-lagi peran media sosial ternyata tidak hanya mampu menjual makanan, tetapi juga mampu mempromosikannya. Melalui influencer atau dari akun kuliner, orang-orang seperti kita akan tergiur terhadap postingan makanan yang menarik, promo yang ditawarkan, atau jenis masakan yang dijual. Sehingga secara tidak langsung ini mengubah pola kita dalam mempersiapkan makanan dari yang memasak manual menuju membeli, walaupun tidak dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Itulah artikel tentang 3 cara teknologi mengubah cara kita mempersiapkan makanan. Kira-kira poin manakah yang sangat berpengaruh dalam mengubah Anda dalam mempersiapkan makanan?