Listing Google My Businesss, Meningkatkan Kredibilitas Online

Google My Business - Cara meningkatkan kredibilitas online. Image: Google Kredibilitas atau kepercayaan konsumen merupakan modal uta…
Kredibilitas atau kepercayaan konsumen merupakan modal utama dalam menjalankan bisnis online, apapun bentuknya. Baik berupa jasa maupun jual beli produk (digital atau fisik). Karena pada dasarnya, bisnis apapun selalu berdasarkan rasa saling percaya.

Salah satu cara meningkatkan kredibilitas online tersebut adalah dengan melakukan verifikasi akun Google My Business.

Google My Business merupakan platform yang disediakan oleh Google bagi para pebisnis online untuk mengintegrasikan halaman bisnis yang dikelola menjadi satu kesatuan yang terhubung. Yakni, antara website yang dikelola, terhubung dengan halaman Google Plus Page, Google Maps (local business) dan Youtube Channel.

Dimana integrasi tersebut dapat dimonitor melalui data analytics dalam satu dashboard. Pengguna dapat melihat garis besar Web Analytics, Insights atas online presence bisnis yang dijalankan, Review local business (maps) ataupun data statistik pengunjung Youtube channel sekaligus secara bersamaan dalam satu halaman.

Cara mendaftar Google My Business

Isikan data bisnis anda pada halaman,
www.google.co.id/business

Termasuk data alamat pos sesuai dengan bisnis yang dijalankan.
Lalu klik link, Get Code pada halaman dashboard.

Tunggu beberapa hari (dalam keterangan, kurang dari 30 hari) surat pos dari Google pada alamat sesuai yang telah diisikan. Jika surat berisi kode verifikasi telah sampai, maka segeralah lakukan verifikasi dengan mengisikan kode terlampir pada halaman google.com/verifymybusiness

Setelah dilakukan verifikasi dan dinyatakan sebagai 'terverifikasi' dengan adanya tanda centang hijau disebelah nama bisnis anda, maka data analytics dan insight akan terbuka. Dimana sebelumnya masih bertanda gembok pada saat belum verifikasi.

Manfaat Google My Business

Pertama,
Secara bisnis, penggunaan akun ini meningkatkan kredibilitas dalam menjalankan bisnis online. Yakni, bisnis yang dijalankan secara riil dapat ditemukan pada 'maps' menggunakan alamat pos.

Kedua,
Tentunya meningkatkan online presence karena dipublikasikan sekaligus pada Google Search, Maps dan Google Plus page.

Ketiga,
Terintegrasi dengan akun Adwords yang memudahkan kita untuk menjalankan iklan untuk menggapai lebih banyak pasar konsumen tertarget.

Jika anda hendak menjalankan bisnis online atau usaha menawarkan jasa dan produk via Internet, maka sudah saatnya untuk mengawali dengan mendaftarkan bisnis tersebut pada 'Google My Business'.